IKHLAS

Ikhlas merupakan inti ajaran Islam. Sebab, Islam berarti pasrah atau berserah diri kepada Allah, bukan kepada yang lain. Allah SWT. berfirman , “Allah membuat perumpamaan (yaitu) seorang laki-laki (budak) yang dimiliki oleh beberapa orang yang menjadi berserikat yang dalam perselisihan dan seorang budak yang menjadi milik penuh dari seorang laki-laki (saja); Adakah kedua budak itu sama?” (Q.S. al-Zumar: 29).

Orang yang tidak berserah diri kepada-Nya berarti sombong. Adapun yang pasrah kepada-Nya dan kepada yang lain disebut syirik. Sedangkan sombong dan syirik berlawanan dan bertantangan dengan Islam.

Allah SWT. berfirman “Ketika Tuhan berfirman kepadanya, ‘Tunduk patulah!’ Ibrahim menjawab ‘Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam” (Q.S. al-Baqarah: 131). Dan Allah SWT. berfirman, “(Tidak demikian) bahkan barang siapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia bebuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati” (Q.S. Al-Baqarah: 112).

Dalam Islam adalah kesaksian bahwa tiada tuhan selain Allah. Kesaksian ini meniscayakan ketundukan hanya kepada-Nya semata dan tidak kepada yang lain. Islam merupakan satu-satunya agama yang diterima di sisi Allah sejak dahulu hingga saat ini. Alla SWT. berfirman , “Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidak akan diterima (agama itu) darinya, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi” (Q.S. Al Imran: 85). Dan Allah SWT. berfirman, “Allah menyatakan bahwa tiada tuhan selain Dia, yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada tuhan selain Dia yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. Sesungguhnya agama (yang di ridai) di sisi Allah hanyalah Islam” (Q.S. Al Imran: 18-19).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s